Senin, 07 September 2009

KILAS BALIK BMW

Nah...biar kita gak lupa, perlu kita liat lagi apa sih BMW itu. Ini dia (cuman copy paste dari file leaflet yang udah ada)

Tim Olimpiade Sains SMPN 8 Yogyakarta, yang dikenal dengan nama Komunitas BMW (Bocah MIPA Wolu), mulai terbentuk menjelang diadakannya rangkaian Seleksi Olimpiade Sains SMP tahun 2003. Secara resmi disepakati bahwa tanggal berdirinya tim ini adalah 16 Juni 2003, ditandai dengan dimulainya pembinaan di sekolah untuk menghadapi Seleksi OSN SMP Tingkat Kota Yogyakarta tahun 2003. Dalam usia yang masih sangat muda, tim ini sudah mencatat prestasi yang sangat membanggakan di ajang Olimpiade Sains Nasional dan di tingkat internasional. Tidak hanya bagi SMPN 8 saja, tetapi juga bagi Kota Yogyakarta, Provinsi DIY serta bangsa dan negara Indonesia.

Tim Olimpiade Sains SMPN 8 mempunyai sistem pembinaan yang sangat baik dengan ditunjang oleh sumber daya pembina dan dukungan berbagai referensi yang berkualitas internasional dari dalam dan luar negeri, tidak hanya pada mata pelajaran yang dilombakan di Olimpiade Sains SMP yaitu Matematika, Fisika, Biologi dan Astronomi, tetapi juga pada mata pelajaran yang dilombakan di Olimpiade Sains SMA yaitu Matematika, Komputer, Biologi, Fisika dan Astronomi. Sistem pembinaan yang sudah dilakukan ini diakui kehandalannya oleh berbagai pihak, bahkan sering menjadi acuan pihak lain dalam pembinaan olimpiade di Indonesia.

Tim Olimpiade Sains SMPN 8, di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah SMPN 8, selama ini menjalin kerja sama yang harmonis dengan berbagai pihak, di antaranya Komite Sekolah, orang tua siswa, psikolog, para pakar perguruan tinggi, instansi terkait dan dengan Komunitas Olimpiade Sains Indonesia.

Dengan menggunakan motto : “Jujur + Disiplin + Kerja Keras + Pantang Menyerah + Selalu Berdoa akan menghasilkan IMPOSSIBLE IS NOTHING”, Tim Olimpiade Sains SMPN 8 Yogyakarta siap mengantarkan para siswanya menuju masa depan yang cerah dengan prestasi tertinggi dari bidang matematika dan sains.

Truz ini dia visi, misi, blablabla....

VISI

WE ARE THE INNOVATOR...

WE ARE THE TRENDSETTER...

and last but not least... WE ARE THE BEST !!!


MISI

v Menjadikan matematika dan sains sebagai mata pelajaran yang menyenangkan dan digemari siswa-siswi SMPN 8 Yogyakarta

v Menggairahkan pembelajaran matematika dan sains di SMPN 8 Yogyakarta sehingga menjadi semakin berkualitas

v Mendidik siswa-siswi SMPN 8 Yogyakarta untuk memperdalam dan memahami konsep-konsep matematika dan sains secara baik dan benar

v Mendidik siswa-siswi SMPN 8 Yogyakarta untuk dapat berpikir kritis, kreatif, logis, rasional, mempunyai budaya ilmiah dan mampu memecahkan masalah

v Mendidik, membimbing dan mengantarkan siswa-siswi SMPN 8 Yogyakarta untuk meraih prestasi puncak dalam berbagai kompetisi matematika dan sains di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional


FILOSOFI

Satu tujuan, satu hati, bersama-sama kita adalah BMW


PRINSIP

Belajar keras adalah keseharian kami

Bermain gila-gilaan adalah hobi kami

Meraih prestasi tertinggiadalah tradisi kami


MOTTO

Jujur + Disiplin + Kerja Keras + Pantang Menyerah + Selalu Berdoa, akan menghasilkan IMPOSSIBLE IS NOTHING

Nah kalo yang ini tentang tokoh-tokoh ide BMW

Visi, misi, filosofi, prinsip dan motto BMW diciptakan oleh Wiworo secara bertahap mulai awal 2005. Visi tersebut dibuat berdasarkan kenyataan bahwa segala inovasi yang sudah dilakukan oleh Tim Olimpiade Sains SMPN 8, ternyata belum pernah dipikirkan apalagi dilakukan oleh sekolah-sekolah yang lain, khususnya di Kota Yogyakarta dan Provinsi DIY. Adapun misi tersebut dibuat berdasarkan pemikiran bahwa dengan diadakannya Olimpiade Sains Nasional SMP sejak 2003 (SMA sejak 2002), seharusnya ada sinergi antara olimpiade dengan kualitas pembelajaran matematika dan sains di kelas. Apabila terjadi sinergi tersebut, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika dan sains di Indonesia.

Filosofi BMW didasarkan pada situasi bahwa setiap anggota BMW harus mengembangkan suasana kompetisi yang ketat dengan teman-temannya. Akan tetapi di sisi yang lain mereka juga harus mengembangkan kebersamaan dan harus saling membantu untuk mencapai tujuan bersama. Prestasi yang diperoleh salah satu anak pada dasarnya juga merupakan prestasi bersama

Sedangkan prinsip tersebut dibuat berdasarkan pemikiran kami bahwa anak-anak yang mengikuti pembinaan Tim Olimpiade Sains SMPN 8 harus memiliki keseimbangan antara kemampuan akademik dan non akademik. Dalam arti bahwa anak-anak tersebut tidak hanya harus betul-betul pandai secara akademik, tetapi juga harus mempunyai kemampuan bermain, bergaul dan bersosialisasi dengan teman-teman lain, guru dan lingkungan sekitar. Pada akhirnya dengan dimilikinya kemampuan akademik dan non akademik secara seimbang, diharapkan anak-anak tersebut dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan tradisi prestasi yang sudah diraih kakak-kakak kelas mereka. Selanjutnya prestasi olimpiade diharapkan dapat menjadi jembatan bagi anak-anak tersebut dalam meraih kesuksesan di kehidupan mereka pada masa mendatang.

Inisial BMW yang berkepanjangan “Bocah MIPA Wolu” dimiliki Tim Olimpiade Sains SMPN 8 Yogyakarta mulai awal tahun 2006, diciptakan oleh Sita Desti Betari. Logo BMW dipakai mulai 1 Juli 2007, diciptakan oleh Nurvirta Monarizqa. Adapun tulisan “The Science Inspiration” merupakan ide dari Muhammad Nur Choiron. Warna hijau melambangkan kesuburan, pertumbuhan dan perkembangan dengan harapan BMW dapat terus tumbuh dan berkembang prestasinya. Hal terbaru yang merupakan hasil kreativitas anak-anak BMW adalah slogan BMW, yaitu Menang Lomba Pangkal Kaya yang dicetuskan oleh Dito Satrio Wicaksono. Dasar pemikiran dari slogan ini adalah dengan seringnya anak-anak memenangkan berbagai kompetisi matematika dan sains, apalagi olimpiade, ternyata dapat mendatangkan tambahan hadiah, selain trofi atau medali, berupa uang dalam jumlah yang sangat besar untuk ukuran anak-anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar